Senin, 17 Januari 2011

masalah pada master rem

sering banget ada yang datang ke bengkel saya bawa boster dengan tujuan mau di service padahal setelah saya cek bosternya ternyata masih bagus/berpungsi,setelah saya tanya apa keluhanya ternyata masalahnya ada pada master rem atas/sentral rem atas. nah maksud saya menulis ini,mau ngasih sedikit gambaran masalah pada master atau sentral rem atas,walaupun saya bukan ahlinya service master tapi saya tau tentang boster rem. tujuan saya agar pengguna tida langsung memponis boster rem ketika mendapat masalah pada rem mobilnya. di bawah ini salah satu masalah pada master :
-pedal rem di injak kosong/amblas mentok sampai dek,di kocok tetap tamau tinggi ( bila stelan bosternya di naikan malah macet,bila stelanya di rendahkan malah kosong ).ini sudah pasti masternya masalah.
-pedal rem di injak sekali kosong,bila di injak dua atau tiga kali baru ada, ini juga masternya yg bermasalah.
-ketika mobil baru berjalan sebentar rem masih normal tapi setelah lama kelamaan roda malah macet,(coba stel rendah bosternya apabila masih begitu,masalah sudah jelas pada master).
segitu aja dulu coretan dari saya mudah mudahan bermanpaat walaupun sedikit, nah buat yg belum tau seperti apa bentuk master rem di bawah ini potonya. Pin bb: 76C2CE2D




6 komentar:

  1. Mobil galant mitsubishi 2000cc tahun 1981 saya mengalami gejala seperti pada point 2 yang bapak uraikan (-pedal rem di injak sekali kosong,bila di injak dua atau tiga kali baru ada, ini juga masternya yg bermasalah.)

    Minyak remnya memang pernah kosong - karena tumpah ketika melewati jalan berlubang(bibir tabung plastiknya sudah pecah sebagian).

    Sekarang ini sudah bagian itu sudah ditutup dengan plat dan sudah dapat menampung minyak lagi dengan baik. Tapi mengapa gejalanya tetap ada ya pak?

    Mohon pencerahan cara mengatasinya. Saya kebetulan suka oprek orangnya - mungkin mau mencoba sendiri cara solusinya jika terasa sanggup :)

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. di coba buang angin dulu dpan blkng sapa tau msih ada angin palsu krna angin palsu pun bsa mnybabkan gjala sprti poin 2 bos..

    jika buang angin ga mrubah keadaan..
    ini cara service master yg saya ktahui:
    1.copot master dri mobil,
    2.buka spi/snapring lalu kluarkan piston'y (ada dua piston) untuk mncopot piston yg bagian dlm buka dulu baut spuluh agar bisa kebuka.
    3.stlah piston'y kbuka lalu cuci pke air trus liat sil yg mna yg rusak (sobek,melar,tipis aus)lalu ganti yg rusak'y aja.( biarpun dah bli satu set sil baru,ganti yg rusak'y aja piston'y ga prlu d ganti. sisa'y bwat cadangan)
    4.cuci bersih rumah master'y trus priksa blok dalem'y apakah ada karat2 atau baret2..trus amplas blok dalem'y pke amplas halus sampai halus (cara mengamplas nya harus berputar jangan maju mundur)
    5.stlah poin 3 dan 4 slsai, gunakan minyak rambut tanco untuk plumas sil (oleskan pada sil dan blok dalem master yg sudh d amplas tdi)
    6.pasang kmbali sesuai posisi aslinya (jngn sampe ada yg lupa kepasang).
    catatan: apa bila rumah master blok dalem'y baret atau coaknya sudah parah ga bisa ilang dgn d amplas, brarti cara d atas ga berlaku.( harus ganti utuh)


    cuma segitu doang bos yg saya tau moga brmanpaat..wasalam..gin palsu krna angin palsu pun bsa mnybabkan gjala sprti poin 2 bos..

    jika buang angin ga mrubah keadaan..
    ini cara service master yg saya ktahui:
    1.copot master dri mobil,
    2.buka spi/snapring lalu kluarkan piston'y (ada dua piston) untuk mncopot piston yg bagian dlm buka dulu baut spuluh agar bisa kebuka.
    3.stlah piston'y kbuka lalu cuci pke air trus liat sil yg mna yg rusak (sobek,melar,tipis aus)lalu ganti yg rusak'y aja.( biarpun dah bli satu set sil baru,ganti yg rusak'y aja piston'y ga prlu d ganti. sisa'y bwat cadangan)
    4.cuci bersih rumah master'y trus priksa blok dalem'y apakah ada karat2 atau baret2..trus amplas blok dalem'y pke amplas halus sampai halus (cara mengamplas nya harus berputar jangan maju mundur)
    5.stlah poin 3 dan 4 slsai, gunakan minyak rambut tanco untuk plumas sil (oleskan pada sil dan blok dalem master yg sudh d amplas tdi)
    6.pasang kmbali sesuai posisi aslinya (jngn sampe ada yg lupa kepasang).
    catatan: apa bila rumah master blok dalem'y baret atau coaknya sudah parah ga bisa ilang dgn d amplas, brarti cara d atas ga berlaku.( harus ganti utuh)


    cuma segitu doang bos yg saya tau moga brmanpaat..wasalam..

    BalasHapus
  3. mau tanya nih bos, kalo rumah master blok dalem'y baret atau coaknya sudah parah ga bisa ilang dgn d amplas, brarti cara d atas ga berlaku.( harus ganti utuh)

    Kalo di ganti utuh modem kijang kapsul, kira2 brp yach n merknya apa ? (sudah termasuk ongkos pasang).

    Thx

    BalasHapus
  4. mw tanya donk kalo master rem bwt volvo 740 TI dmana ya nyari nya? n kira2 harga na brp ya? tq

    BalasHapus
  5. Aku mau nanya setelah di reparasi Booster ku kok masih mendesis...yg diganti karet Diaphraghm nya ... pasti ada yg salah

    BalasHapus
  6. mobil saya kijang LX tahun 2000..mau tanya kalau pada saat saya menndarai mobil dan kemudian mengerem..tetapi hanya setengah injakkan suha pekem atau kejut..apa itu maslah pada boster rem? terima kasih

    BalasHapus

Mohon maaf jika jawabannya sllu lama trbalas dan kurang memuaskan.